PKB Instruksikan Saksi dan Relawan Amankan Dokumen C1

oleh

Surabaya, kilasjatim.com: Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur (Jatim), bergerak cepat. Setelah melihat hasil penghitungan cepat (quick count) sejumlah lembaga survei yang tak menguntungkan Gus Ipul-Puti, PKB Jatim mengintruksikan para saksi dan relawan untuk mengamankan dokumen C1 di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dokumen C1 adalah dokumen yang berisi rekapitulasi penghitungan suara di TPS. “Kita intruksikan semua relawan, kader, dan saksi untuk mengamankan dokumen C1. Karena dokumen C1 adalah dasar hukum paling kuat sebagai ilustrasi penghitungan suara,” kata Ketua DPW PKB Jawa Timur, Abdul Halim Iskandar di kediaman Gus Ipul), Rabu (27/6/2018).

Menurut dia, hasil hitung cepat yang digelar sejumlah lembaga adalah bagian dari proses penghitungan suara. Penghitungan suara yang pasti dan diakui adalah penghitungan suara di tingkat KPU.
“Kita tunggu hasil resmi dari KPU saja,” ucapnya.

PKB Jatim sendiri sejak sehari jelang coblosan, sudah menerima laporan dari relawan di sejumlah daerah. Seperti di Lamongan dan Sidoarjo. “Modusnya pembagian sesuatu kepada calon pemilih. Laporan ini masih kami dalami,” jelasnya.

Bahkan, berdasarkan laporan yang diterimanya dari Lamongan, sempat terjadi kejar-kejaran antara pemberi sesuatu dengan beberapa orang Satgas PKB. “Sampai subuh tadi, satgas PKB masih mengejar pemberi sesuatu itu,” cetusnya.

Seperti diketahui, sejumlah lembaga yang menggelar hitung cepat memenangkan pasangan Khofifah Indar Parawansah-Emil Dardak di Pilkada Jatim. Misalnya, penghitungan cepat Litbang Kompas, pasangan nomor urut 1 itu unggul 53,26 persen hingga pukul 17.02 WIB. Sementara Pasangan Gus Ipul-Puti Soekarno mendapatkan 46,70 persen. Angka itu dengan jumlah sampel suara yang masuk sebanyak 98 persen. (Wah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *