Pentingkah Asupan Gizi Bagi Wanita Hamil? Ini Uraiannya

oleh

 

Donita, dan para pembicara kampanye Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat) di Dyandra Convention Hall, Sabtu (17/3/2018).

 

SURABAYA, kilasjatim.com:
Waspadai selama.kehamilan,
kurangnya asupan nutrisi seperti kekurangan zinc dan magnesium dapat menyebabkan preeklamsia dan kelahiran prematur. Sedangkan kekurangan zat besi dan vitamin 812 dapat menyebabkan anemia.

dr Bram Pradipta SpOG, Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan, menyampaikan, banyak hal dan beberapa gangguan kesehatan yang mungkin terjadi akibat dari kurangnya asupan nutrisi saat hamil dan perlu diwaspadai perempuan yang tengah hamil hingga persalinan.

“Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan perdarahan yang berlebihan saat melahirkan. Asupan yodium yang tidak memadai selama kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau bayi lahir mati dan kekurangan vitamin A bisa menyebabkan rabun senja,” papar Bram yang juga sebagai Pengasuh Redaksi Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari Klikdokter.com disampaikan pada seminar kampanye Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat) di Dyandra Convention Hall, Sabtu (17/3/2018).

Setiap bunda diharapkan bisa memahami pentingnya asupan nutrisi yang sesuai angka kecukupan gizi. Menurut data Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2015, angka kematian ibu (AKI), yaitu 305 per 100.000 kelahiran hidup.

Jumlah tersebut masih terbilang tinggi walau telah mengalami penurunan dibandingkan pada 2012, yaitu 359 per 100.000 kelahiran hidup. Penurunan ini bisa dibilang sangat lambat dan tidak signifikan sehingga AKI masih sangat membutuhkan perhatian.

Sementara itu, PT Kalbe Blackmores Nutrition menggelar
Kampanye Bunda Peduli Asupan Sehat (PAS).
di beberapa kota mengenai pentingnya multimikronutrien untuk ibu hamil dan menyusui, serta mendukung program pemerintah.

Faktor penting yang menjadi latar belakang diadakannya Kampanye Bunda PAS adalah kurangnya pemahaman bunda akan asupan nutrisi yang penting selama masa kehamilan dan menyusui. Sementara itu, untuk asupan nutrisi penting ibu hamil dan menyusui, Blackmores memperkenalkan Blackmores Pregnancy and Breast- Feeding Gold.

Manfaatnya sebagai suplemen dengan kandungan nutrisi yang esensial bagi tumbuh kembang dengan kandungan yang tinggi DHA, tinggi kalsium, zat besi yang membantu mengurangi risiko konstipasi, vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan selama masa kehamilan dan menyusui.

“Blackmores Pregnancy and Breast- Feeding Gold dapat menjadi salah satu opsi bagi para ibu hamil dan menyusui di Indonesia untuk dapat memenuhi asupan nutrisi yang penting dan sehat,” kata Dian, Marketing Manager Kalbe Blackmores Nutrition.

Donita, sebagai figur publik yang hadir sebagai bintang tamu dalam seminar tersebut, mengatakan, “Masa kehamilan dan menyusui, tentunya akan banyak menimbulkan perubahan secara fisik dan hormonal. Oleh karena itu, saya mengimbangi dengan mengonsumsi makanan bernutrisi.

“Meskipun saya sudah menjaga asupan nutrisi melalui makanan, saya juga mengonsumsi suplemen kesehatan untuk tetap menjaga nutrisi yang pas untuk kesehatan saya dan perkembangan buah hati,” kata Donita yang belum.lama berselang melahirkan anak ke duanya. (kj2)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *