Menteri BUMN Mengapresiasi PLN yang Berhasil Pulihkan Jaringan Listrik di Daerah Gempa Palu

oleh

 

SURABAYA, kilasjatim.com: –
PLN patut berbangga diri, perjuangannya dalam memulihkan kelistrikan di daerah gempa Palu Donggala mendapat apresiasi Menteri BUMN Rini Soemarno saat mengunjungi both PLN Distribusi Jatim di acara penutupan IBD Expo 2018 di Grand City Surabaya Sabtu (6/10/2018).

“Saya ucapkan apresiasi sedalam dalamnya kepada semua Petugas PLN yang telah bekerja keras di Palu, Donggala dan Sigi,’ ” tulis Rini dilembar catatan saat mengunjungi stan PLN yang di desain dengan nuansa Papua .

Menteri Rini juga menuliskan kebanggaannya kepada PLN yang telah bisa menyalakan kembali listrik untuk masyarakat di daerah bencana.

Pada kesempatan terpisah sebelumnya, Senior Manager General Affairs PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur, Dwi Suryo Abdullah yang terlihat aktif di booth PLN menjelaskan pencapaian yang berhasil dilakukan tim tehnisi PLN yang dikirimkan ke lokasi bencana berhasil memulihkan sistem kelistrikan di Sulawesi Tengah (Sulteng). Dengan beroperasinya hampir seluruh gardu Induk (GI) yang ada di wilayah tersebut, Pasca gempa dan tsunami yang mengguncang Sulteng beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah pencapaian hari ini sudah bisa mengenergized  Gardu Induk Parigi 20 dan 30 MVA. Setidaknya 7 Gardu Induk dari 7 Gardu Induk yang di Palu sudah bisa beroperasi. meski jelang malam dengan penerangan yang ada tim relawan pemulihan jaringan TM terus semangat antusias untuk melaksanakan pekerjaan pemulihan penyulang  yang mengalami kerusakan,” jelas Dwi disela pembukaan IBD Expo 2018.

Dari laporan detail hasil recovery tim  Surabaya yang telah berjuang memenuhi pasokan Listrik untuk Palu Kembali terang , berupa Penormalan, Penyulang, Elang. Diantaranya, Jamper TM 8 2 titik(online), Perbaikan Konduktor SUTM lepas: 6 titik, Pengamanan JTM: 3 titik, Perbaikan tiang TR miring 1 titik, Pengamanan SR rumah roboh: 11 titik, Penyambungan SR putuus 10 titikPerbaikan JTR jatuh :6 titik, Penormalan GTT : 39 GTT sudah menyala total.

Sementara Tim dari Jawa Timur masih terus berada dilokasi untuk menuntaskan pekerjaannya hingga pukul 20.00 Wita.

“Tim berusaha seoptimal mungkin menuntaskan pekerjaannya. Pekerjaan yang dilaksanakan oleh 1 Tim, sementara Relawan dari Jawa Timur dibagi dalam 10 Tim kerja . Insya Allah dengan kehadiran 100 personil dari Jawa Timur akan mempercepat pemulihan penyulang 20 kV di Palu dan Donggala. Sedangkan  Tim  dari Area Mojokerto  berhasil menyelesaikan tugasnya.yakni, Menyalakan Feeder GelatikOperasikan Trafo s/d JTR/SR : 25 Gardu, Perbaikan Tiang & Trafo miring (dengan tim crane) : 5 Gardu, Ganti Pin Pecah : 3 titik, Perbaikan andongan : 1 titik, Perbaikan SUTR anjlok : 1 titik, perbaikan kond jatuh : 2 titik. Saking semangatnya salah satu tim dari Jawa Timur belum meninggalkan lokasi nya hingga jam 20.00 waktu setempat,” urai Dwi Suryo.

Sedangkan  Tim dari UP3 /Area Madiun  yang diberikan target untuk menyelesaikan penyulang Merpati, dengan pola menyisir penyulang Merpati telah behasil melakukan pekerjaan antara lain,Ganti isolator tumpu pecah pada  phase  R :  1 bh (kuburan cina), Perbaikan konduktor jatuh pada  phasa S (kuburan cina), Berhasil menganti pin pecah Phase T : 1 bh, Ganti pin pecah Phs S : 1 bh, Perbaikan konstruksi TM 1 telah menegakkan kembali tiang  doyong & ganti pin isolator phasa S : 1 bh, Perbaikan konstruksi  Tegangan Menengah  tiang  doyong di PT3 AQ b1 telah berhasil di tegakan kembali. Seluruh Gardu Listrik Beroperasi, Kota Palu – Donggala bisa Kembali Terang. (kj3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *