Loket.com Gandeng Milenial Tingkatkan Ekonomi Kreatif

oleh

Malang kilasjatim.com: Malang merupakan kota penyelengara event tertinggi yang bekerja sama dengan Loket.com, sejak diluncurkan Mei 2018 lalu. Peningkatan event mencapai 550 persen. Ini menunjukkan nilai positif dari segi ekonomi kreatif.

Menurut VP Consumer Solutions Loket, Rama Adrian, dalam jumpa persnya di Ngalup.co Coworking Space Malang, Rabu (20/3). Menyampaikan Kota Malang merupakan salah kota yang menunjukkan pertumbuhan event yang sangat positif dan tertinggi di Indonesia.

“Dari data internal kami menunjukkan bahwa sejak Loket.com diluncurkan pada pertengahan tahun lalu. Pertumbuhan event di Malang yang bekerjasama dengan Loket.com mengalami kenaikan signifikan,” katanya.

Kenaikan itu mencapai menunjukkan 550 persen. Dengan kategori event terbanyak didominasi workshop lebih dari 56 persen, festival lebih dari 11 persen dan conference hampir 7 persen.  Pertumbuhan event tertinggi terjadi di bulan Desember, Juli dan Oktober.
Alasan itu pula yang perusahaan penyedia sistem teknologi event dan hiburan di Indonesia tahun ini mengunjungi Kota Malang. Tidak lain untuk menggandeng komunitas dan individu kreatif untuk mengenalkan salah satu layanan unggulannya, platform Loket.com.

Tujuannya tak lain agar para komunitas ini dapat menjadi event creator lokal yang mampu mendukung industri kreatif di Kota Malang. Dejalan dengan program Pemkot Malang yang beberapa tahun terakhir tengah fokus mengembangkan industri kreatif, berbasis teknologi. Kedepannya industri kreatif dapat menjadi tulang punggung ekonomi Kota Malang.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik dalam laporan Kota Malang Dalam Angka 2018, pertumbuhan ekonomi Kota Malang sebesar 5,69 persen di tahun 2017.

Secara umum, sejak diluncurkan pada Mei 2018 lalu, platform Loket.com telah berhasil menumbuhkan lebih dari 4.000 event creator baru dengan penyelenggaraan lebih dari 5.000 event di seluruh Indonesia.

Dari sana Loket merasa perlu melebarkan peranannya agar lebih banyak event creator di daerah untuk meningkatkan pertumbuhan industri kreatif dan pariwisata.

“Penyelenggaraan event merupakan salah satu pilar dalam industri kreatif yang memiliki potensi sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi baik di daerah dan nasional,” sambungnya.
Kemajuan teknologi informasi membuat  masyarakat bergantung pada pilar kreatif ini. Guna mendorong pertumbuhan gelaran event, Loket sebagai perusahaan teknologi terus melakukan inovasi untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para Event Creator dan audiens.

Sebagai pionir dalam industri teknologi event dan entertainm ent, Loket percaya, teknologi milik semua kalangan dan siapapun bisa mendapatkan. Tanpa memandang skala event besar atau kecil. Semua dapat diwujudkan melalui platform Loket.com, salah satu layanan unggulan Loket yang hadir melalui platform website mengusung konsep self-service.

Sementara Marketing Manager Loket.com, Jojo Trijoko menjelaskan bahwa konsep self-service yang diterapkan pada platform Loket.com merupakan konsep hasil inovasi Loket untuk membantu event creator dalam mengelola event secara mandiri.

“Konsep ini kami pilih dengan pertimbangan karakter target market kami dari kalangan event creator dari komunitas dan individu, khususnya kalangan milenial kreatif yang memiliki tingkat adaptasi tinggi terhadap teknologi dan memiliki keterbatasan waktu untuk mengelola event mereka seperti promosi dan penjualan tiket,” jelas Jojo.

Jojo melanjutkan bahwa fitur-fitur pada self-service dirancang untuk memberikan pengalaman manajemen event mandiri yang terbaik. Seluruh proses, baik bagi pengelola maupun pengunjung dibuat secara sistematis mulai dari pendaftaran event, pilihan sistem pembayaran yang beragam, hingga sistem registrasi dan check-in pengunjung berbasis online, bahkan analisis data akurat untuk mengoptimasi gelaran event berikutnya.

Untuk pertama kalinya juga event pengguna bisa dipromosikan ke jutaan calon pembeli melalui lebih dari sepuluh rekan afiliasi Loket Distribution Partner (LDP), salah satunya Go-Tix yang kini dikelola oleh Loket.com juga dilengkapi dengan fitur pembayaran yang terintegrasi oleh partner pembayaran dari bank nasional dan internasional termasuk sistem e-payment Go-Pay, dimana proses pembayaran tiket hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 menit,” jelas Jojo.

Selain mendorong pertumbuhan industri kreatif dan pariwisata di daerah. Ia melihat pembuatan dan pengelolaan event ini juga menjadi ajang aktualisasi diri para insan kreatif Malang yang di didominasi oleh generasi milenial.

“Semua ini kombinasi eksistensi milenial, komunitas kreatif, dan pemerintah yang suportif sangat strategis bagi kami untuk mengenalkan layanan Loket.com. Kami optimistis teknologi platform ini bisa diterima dengan baik dan diharapkan dapat menumbuhkan banyak para event creator baru yang tidak hanya meningkatkan ekonomi juga kehidupan sosial salah satunya melalui workshop event tertinggi di Malang,” ungkapnya. Kj3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *