Lima Sekolah Bersaing Ikuti Seleksi Citi Peka, Asah Potensi Kewirausahaan 

oleh

 

Management Advisor Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner, ketika.meninjau salah satu stan yang memajang karya siswa siswi SMA/SMA peserta di ajang Citi Peka,di Surabaya, Senin (6/05/2018)

 

SURABAYA, kilasjatim.com: Lima sekolah dari Surabaya dan Sidoarjo, berhasil mengikuti seleksi akhir dari rangkaian kegiatan di ajang Citi Peka (Peduli dan BerKarya) yang digelar Prestasi Junior Indonesia dan CIti Indonesia di Surabaya, Minggu (6/5).

Lima sekolah tersebut
SMK Giki 1 Surabaya, ada juga SMAN 1 Waru Sidoarjo, SMKN 3 Buduran Sidoarjo dan SMAN 4 Sidoarjo. Di ajang Regional Student Company Competition 2018, siswa-siswi bersaing menunjukkan kepiawaian berbisnis yang mereka miliki.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Prestasi Junior Indonesia (PJI) bersama Citi Indonesia, melalui payung kegiatan kemasyarakatannya Citi Peka (Peduli dan BerKarya),berlangsung di Surabaya, tepatnya di Atrium Lenmarc Mall Surabaya, Minggu (6/5).

Dalam kompetisi kewirausahaan ini, para siswa mempresentasikan pencapaian bisnis dari usaha mikro yang dijalankan di sekolahnya serta memamerkan produk inovasi andalan usaha mereka.

Sebelum tahap kompetisi ini, para siswa telah dibina menjadi wirausaha sungguhan melalui program pendidikan aplikasi kewirausahaan, Perusahaan Siswa (JA Student Company). Selama enam bulan, mereka mendirikan dan mengoperasikan sebuah usaha mikro di sekolah, mulai dari menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, melakukan penjualan produk, hingga likuidasi perusahaan.

Di hasil akhir tersebut, siswa yang mewakili masing masing sekolah berhak menampilkan hasil inovasinya dan mempresentasikan dalam even tersebut.

Management Advisor Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner mengatakan ajang ini adalah sebuah kesempatan bagi anak-anak muda untuk belajar berbisnis.

“Kita perlu melatih dan merangsang potensi kewirausahaan anak muda sejak mereka duduk di bangku sekolah. Siswa SMA dan SMK perlu didorong untuk dapat menciptakan bisnis dengan keterampilan yang dimiliki pasca lulus sekolah. Program Student Company ini memberikan dasar-dasar bisnis kepada siswa melalui pembelajaran dan pengalaman secara langsung. Citi Indonesia bersama PJI terus berkomitmen untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia mewujudkan potensi bisnis mereka dan meraih masa depan yang lebih baik”, tutur Robert Gardiner

Diharapkan dari acara ini akan tumbuh pengetahuan baru dalam berbisnis, ada pengalaman berbisnis dan timbul rasa percaya diri dalam berbisnis.

“Kami melihat potensi buat anak-anak Surabaya dan Sidoarjo sangat bagus, kami salut mereka bisa mempresentasikan produknya dalam Bahasa Inggris,” kata Robert.

Program serupa juga akan digelar di Semarang, Denpasar dan Jakarta yang tujuannya menjaring dan menetapkan satu perwakilan untuk ikut di seleksi tingkat nasional.

Pemenang tingkat nasional akan ikut kompetisi serupa untuk kawasan Asia Pasifik yang akan digelar di Manila Filipina.Dari sekolah tersebut, nantinya akan dipilih dua orang untuk mengikuti World Youth Forum yang akan digelar di Mexico City.

“Bulan lalu, SMA Plus Pembangunan Jaya Jakarta pemenang tahun 2017 ikut kompetisi di Beijing dan sekolah juara pertama,” jelasnya.

Terpisah, Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Elvera N. Makki mengatakan, “Generasi muda berhak memperoleh kesempatan ekonomi tidak hanya di ibukota tetapi juga di kota-kota besar lainnya seperti Surabaya dan Sidoarjo.

“Citibank percaya bahwa kesempatan dan pengalaman berwirausaha yang diberikan bagi murid-murid SMA/SMK dalam program ini akan membantu kesuksesan mereka di masa depan, tak hanya dari sisi pengetahuan bisnis tetapi juga dalam hal literasi dan inklusi keuangan.” katanya.

Dicky Fahmi Ardiansyah, siswa SMKN 3 Buduran yang menjadi President Director Neo SC menjelaskan bahwa dirinya merasa senang bisa tergabung dalam program Student Company.

“Saya belajar bagaimana menjadi wirausaha yang sukses, melatih kedisiplinan dalam bekerja, serta mengelola waktu dan tim dengan baik. Ini menjadi pengalaman berharga dan motivasi bagi saya untuk menjadi wirausaha yang bermanfaat. Saya berterima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh PJI dan Citi Indonesia kepada saya dan teman-teman di sekolah. pungkasnya.(kj3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *