Indosat Ooredoo Siapkan Layanan Khusus Ramadhan Dan Lebaran

oleh


Malang, kilasjatim.com: Indosat Ooredoo menyiapkan kapasitas jaringan untuk mengantisipasi kenaikan trafik telekomunikasi yang meningkat di bulan Ramadhan dan Lebaran.
Hal ini disampaikan Divisi Head EJBN Field Engineer, Indosat Ooredoo, Sonny Witjaksono dalam Drive Test Jaringan 4G Plus di Malang, Kamis (25/4).
Tren digital dan penggunaan media sosial dimasyarakat yang meningkat, membuat perusahaan telekomunikasi meningkatkan layanannya kapasitas data dari 9,3 terabyte /hari menjadi 18.4 terabyte/hari. Hal ini disiapkan ini untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yang diprediksi meningkat 15-20%.
Sementara untuk kapasitas layanan SMS disiapkan hingga 975 juta SMS / hari dari 125 juta SMS/hari di hari biasa. Begitu pula dengan kapasitas layanan suara di hari biasa 2,1 juta erlang/hari ditambah menjadi 37 juta eelang/hari.
“Kami sudah memperhitungkan kebutuhan telekomunikasi semakin meningkat selama Ramadhan dan lebaran. Kenaikan trafik ini terjadi setiap tahun, karenanya kami mengantisipasi sejak awal,” katanya.
Untuk menguji kesiapan jaringan Indosat Ooredoo melakukan uji jaringan, di lima kota Malang, Solo, Banjarmasin, Makasar dan Padang. Kelima kota ini merepresentasikan kantong mudik yang berpotensi pada kenaikan trafik telekomunikasi.
Adapun uji jaringan dilakukan di berbagai spot pusat keramaian seperti Kampung Warna-Warni, Alun-Alun kota Malang dan Museum. Di Solo dilakukan di De Tjolomadu, di Padang di Jembatan Siti Nurbaya, di Banjarmasin di Masjid Raya Sabilal Muhtadin, dan pantai Losari Makassar.

Menurut Head Of Sales Indosat Ooredoo East Java Area, Wulang Prabowo Edhi, uji kualitas sinyal serta kecepatan akses internet menunjukkan kualitas yang bagus pada jaringan 4G Plus, disepanjang rute antar spot di lima kota tersebut.

“Tadi Sudah dicoba download, live streaming, YouTube, dan video call sepanjang rute drive test aktivitas streaming berjalan dengan baik dan tanpa buffering,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut digelar telekoferens bersama lima kota tersebut. Diketahui kecepatan maksimal download berkisar antara 62,7 Mbps hingga 104,7 Mbps, dengan rata-rata kecepatan download 85,33 Mbps. Khusus di beberapa titik keramaian lima kota tujuan mudik tersebut diperoleh kecepatan download hingga 93 Mbps. Di Losari Makassar 76,5 Mbps, di Kawasan Bandara Adi Sumarmo Solo 62,7 Mbps, di Kawasan Alun-Alun Malang 89,7 Mbps, di Kawasan Gunung Padang dan Kawasan Patung Bekantan Banjarmasin 104,7 Mbps.

Selama uji jaringan Indosat juga dilakukan pengetesan kualitas suara dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score) menunjukkan hasil 4,47% di tingkat excellent. Ada pun rentang penilaian metode pengukuran MOS adalah 1-5, angka 5 menunjukkan hasil excellent.

Meningkatkan kapasitas jaringan telekomunikasi selama Ramadhan dan mudik lebaran melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (iNOC) dan Indosat Service Operation Center (i-SOC) sebagai pusat monitoring seluruh jaringan dan layanan secara nasional. Monitoring jaringan juga dilakukan melalui Command Center yang beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah mudik lebaran, melalui tim Performance Monitoring.

Sementara Chief Technology Officer Indosat Ooredoo, Dejan Kastelic dalam telekonferensinya menyampaikan pihaknya berjanji memberikan layanan terbaik pada pelanggan. “Ramadhan dan lebaran itu momen penting. Kami sangat menghargai itu dengan meningkatkan layanan telekomunikasi,” pungkasnya. Kj5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *