Inapro Expo 2020 Berakhir, Langkah Awal Gairahkan Perekonomian Produk UMKM Disaat Pandemi

oleh

KILASJATIM.COM, Surabaya –
Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jawa Timur, berhasil dan sukses menyelenggarakan INAPRO Expo 2020, meski ditengah pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan, untuk membangkitkan kembali gairah perkeonomian produk lokal, khususnya UMKM.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang hadir secara resmi menutup gelaran pameran yang telah diselenggarakan selama 4 hari tersebut. Risma mengakui, pada saat pembukaan tanggal 19 lalu, transaksi yang terjadi masih belum menunjukkan angka yang signifikan.

“Artinya, bahwa sebetulnya kita bisa mulai berjalan, karena kalau ini kita tidak gaungkan, saya berterima kasih kepada penyelenggara semuanya, karena kalau tidak digerakkan, ekonomi kita akan turun,” kata Risma di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/11/2020).

Pameran semacam ini, lanjut dia, merupakan momentum tepat bagi Surabaya untuk “mencuri start” fan diharapkan membangkitkan perekonomian pelaku UMKM, melalui berbagai pameran, dan mempertemukan langsung dengan pembeli.

Risma yakin, saat pandemi masih ada, hampir semua sektor perkonomian bisa bangkit, dan bergerak. Meski sebelumnya, industri makanan dan minuman sempat mengalami kemerosotan, namun saat ini juga sudah mulai bergerak kembali.

“Saat ini hampir semuanya sudah mulai bergerak. Jadi sebetunya gak ada yang turun, memang ada konsumtif itu. Tapi relatif sudah mulai naik,” ujar Risma seraya menambahkan, kebutuhan diluar bahan kebutuhan pokok, kini sudah mulai merangkak naik.

“Sekarang jangan dilihat kebutuhan pokok itu hanya beras, sandang, pangan, papan, bukan itu, sekarang kayak gadget itu juga menjadi salah satu kebutuhan pokok sekarang ini,” tegasnya.

Pameran ini diikuti kurang lebih 133 stand, yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten – Kota Seluruh Jawa Timur, Bumn/Bumd, Asosiasi, Pelaku usaha , E – Commerce dan masih banyak lainnya.

INAPRO Expo 2020 merupakan pameran produk lokal Hybrid terbesar yang mengangkat tema “Bangga Buatan Indoensia” yang dilakukan secara Online dan Offline.

Ketua Umum Kamar Dagang Surabaya, Ali Affandi berterima kasih kepada KADIN JATIM dalam menjadikan KADIN Surabaya sebagai penyelenggara pameran INAPRO 2020.

“Dengan adanya pameran INAPRO 2020 kami berharap menjadi pemulihan ekonomi di Jawa Timur khususnya di kota Surabaya,” ujar Ali Affanfi selaku Ketua Kadin Surabaya.

Pameran yang mengusung tema “Bangga Buatan Indonesia” tersebut menjadi momentum kebangkitan ekonomi
Jatim dan Surabaya. Perhelatan ini juga menjadi angin segar bagi UMKM karena diberi kesempatan untuk kembali memamerkan dan menjual produk mereka setelah sekian lama vakum.

“Ini adalah langkah strategis Kadin Jatim untuk kembali menggerakkan ekonomi, memberikan nafas kepada pengusaha khususnya UMKM yang hampir setahun tidak bisa menjual produk mereka,” tegas Andi, panggilan akrab Ali Affandi, di sela-sela penutupan INAPRO, Minggu (22/11).

Even pertama selama pandemi ini
sukses menghadirkan lebih dari 2000 buyer dan total transaksi offline mencapai 960.980.000 juta dan transaksi online masih berjalan hingga akhir tahun.

Acara ini juga memberikan harapan besar pada pelaksanaan selanjutnya yang akan menghadirkan konsep-konsep terbaru untuk tetap memulihkan ekonomi khususnya Provinsi
Jawa Timur melalui sinegri yang terus dilakukan oleh pemerintah, pelaku usaha secara terus menerus. (kj2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *