Gerakan #Dirumah TerusMaju Telkomsel Naikkan  Data Pengguna Internet 13 Persen

oleh

KILASJATIM.COM, Surabaya –Aksi solidaritas Telkomsel  dalam menghadapi situasi darurat nasional Corona Virus Disease (COVID-19) dengan gerakan #DiRumahTerusMaju menaikkan traffik data pengguna internet hingga 13 persen dibanding hari biasa dari total pelanggan di Jatim sebesar 23 juta.

General Manager Network Operation and Quality Management Region Jawa Timur Telkomsel Permata Jaya Simarmata mengatakan, sejak awal periode working from home yang dimulai 15 Maret lalu, di Jawa Timur, Telkomsel mengalami peningkatan penggunaan data sekitar 13% dengan intensitas penggunaan internet oleh setiap pelanggan selama sekitar 6-8 jam per hari.

“Peningkatan trafik penggunaan data paling banyak di perumahan, terutama perumahan dosen serta beberapa rumah sakit. Dan pertumbuhan tertinggi di Mojokerto kemudian Malang, Surabaya, dan Jombang,” kata Permata dalam Video Conference dengan media di Surabaya Jumat (03/04/2020).

Permata memprediksi panjangnya masa WFH dan proses KBM di rumah penggunaan data bisa meningkat 20 persen. Selain faktor di atas, dalam seminggu terakhir  dan beberapa minggu ke depan pergerakan pelanggan Telkomsel yang keluar dan masuk Jawa Timur (Jatim) sangat  tinggi. Meski belum memasuki bulan Ramadan ternyata jumlah pemudik cukup besar.

“Hal ini terlihat dari pergerakan pelanggan dengan intensitas tertinggi  dari Jawa Tengah, yakni Blora, Denpasar, Bandung, Kalimantan dan Jakarta” jelas Permata.

Sementara itu, GeneralManager Consumer Sales Region Jawa Timur Telkomsel Erick Noviantoro menambahkan, Telkomsel sudah mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi  yang semakin meningkat sejak diberlakukannya imbauan melakukan aktivitas dari rumah upaya memutus rantai penularan virus COVID-19.

“Telkomsel telah melakukan pengamanan akses jaringan dengan memaksimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki Telkomsel, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz dan melalukan pengamanan jaringan di wilayah residensial dan titik posko penanggulangan COVID-19, seperti kantor pemerintahan terkait dan rumah sakit,” jelasnya.

General Manager Network Operation and Quality Management Region Jawa Timur Telkomsel Permata Jaya Simarmata (kiri) dan General Manager Consumer Sales Region Jawa Timur Telkomsel Erick Noviantoro (kanan) saat video conference bersama media di Surabaya, Jumat (3/4). (ist)

Sementara untuk antisipasi peningkatan trafik bulan Ramadan dan Idul Fitri, Telkomsel menyiapkan 13 mobile combat yang dipasang di sejumlah ruas jalan strategis.

“Dantaranya tol Surabaya-Ngawi 7 unit, Surabaya-Malang 2 unit, Surabaya-Probolinggo 1 unit, sisanya ditaruh di lokasi strategis Kota Surabaya. Langkah ini antsipasi peningkatan trafik sehingga komunikasi tetap lancar,”
kata Erick.

Erick juga menambahkan bahwa meskipun dengan kondisi karyawan dan mitra Telkomsel yang menerapkan working from home (WFH), kondisi tersebut tidak mengurangi kualitas pelayanan Telkomsel kepada pelanggan. Terbukti dengan diterapkannya berbagai cara baru dalam melayani pelanggan namun tetap mendukung program physical distancing yang dicanangkan pemerintah salah satunya dengan memberikan kemudahan pemesanan melalui instant messaging pada beberapa outlet.

“WFH tidak berpengaruh pada kinerja dan layanan. Seminggu pertama memang kagok, namun minggu selanjutnya sudah terbiasa dan 90 persen sudah normal. Termasuk koordinasi dengan mitra TAP, sehingga distribusi produk dan kebutuhan pelanggan tidak terpengaruh.”

Telkomsel juga berkomitmen  sebagai tanggung jawab sosial dengan juga memberikan 100 perdana simPATi dengan paket data 6,5 GB kepada BNPB di Surabaya untuk membantu operasional BNPB di Surabaya dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini.

‘Telkomsel melalui LinkAja juga menyalurkan bantuan masyarakat melalui program ‘Telkomsel untuk Bangsa dan Kemanusiaan’ yang akan disalurkan oleh mitra donasi Telkomsel kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 (Petugas Medis, Keluarga Pasien, dan membantu menggerakkan sektor ekonomi melalui UKM),” urai Erick.

Di sektor pendidikan,  Telkomsel menghadirkan Paket Bebas Akses Ilmupedia dan Paket Bebas Akses Ruang Guru yang masing-masing berisi kuota data 30GB senilai Rp 0. Keduanya dihadirkan bagi pelajar Indonesia agar mereka dapat dengan leluasa mengakses platform e-learning dari Ruangguru, Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso, Sekolahmu, Rumah Belajar, serta situs e-learning 137 Perguruan Tinggi di Indonesia dan situs Spada Indonesia milik Kemdikbud RI yang berisi mata kuliah dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

Sedangkan untuk menjaga efektivitas dan produktivitas aktivitas bekerja dari rumah (working from home), Telkomsel menghadirkan #DiRumahTerusProduktif dengan harga khusus serta bebas kuota untuk fitur layanan solusi bisnis korporasi CloudXTelkomsel memberikan bebas biaya berlangganan dan kuota internet selama satu bulan untuk mengakses layanan CloudX Meeting sebesar 60GB khusus untuk pelanggan corporate yang menjadi host meeting, serta 30GB bagi semua pelanggan yang menjadi peserta meeting dengan hanya Rp 10. (kj2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *