Erlangga Yakin Jatim Bakal Jadi Lumbung Atlet Nasional

oleh

Surabaya, kilasjatim.com – Ketua Umum KONI Jatim, Erlangga Satriagung merasa yakin ke depan Jatim akan tetap dan terus berkembang sebagai salah satu lumbung atlet olahraga terkuat di Indonesia. Melalui sport science, kemampuan atlet-atlet Jatim semakin berkembang pesat.

Keyakinan itu disampaikan pada bedah buku “Potret Sang Jagoan” di Graha Pena, Surabaya, Jumat (5/10/2018). Buku yang mengulas profil atlet KONI Jawa Timur peraih medali emas ini ditulis oleh wartawan olahraga senior Maksum dkk.

Erlangga mengaku pembinaan atlet melalui ilmu pengetahuan teknologi (iptek), yakni sport science membuahkan hasil maksimal. Raihan 10 medali emas atlet Jatim di Asian Games 2018, menjadi bukti keberhasilan KONI Jatim menerapkan iptek dalam Puslatda.

“Jadi, di era sekarang, pembinaan atlet tidak cukup hanya dengan bakat saja. Seorang atlet bisa dijadikan juara tak sekedar dari bakat yang dimiliki. Sudah ketinggalan. Sekarang semua tidak mengandalkan bakat, tapi dipercepat dengan basis sport science,” ujarnya.

Di sport science, lanjutnya, ada pilar kesehatan, nutrisi, bio mekanik dan fisik yang diterapkan. Pilar- pilar ini dikelola dan dirancang secara matang oleh ahlinya. Jadi, seorang atlet tidak sekedar diukur latihan, tapi juga fisiknya.

“Dulu sebelum diterapkan sport science, tidak ada atlet yang sakit dalam latihan. Ketika sport scince mulai diterapkan, banyak yang mengalami sakit. Inilah yang kemudian memacu pengurus dan atlet untuk menerapkan latihan secara terukur,” paparnya.

Sidiq Prasetyo, salah satu penulis buku Potret sang Jagoan, membenarkan pernyataan Erlangga. Bahwa, mencetak atlet tidak bisa dilakukan secara tradisional. Iptek harus diterapkan di era sekarang.

“Istilahnya prestasi tidak secara ujuk-ujuk (spontan). Namun, dilakukan secara berjenjang. Tidak satu hari, satu bulan, tapi bertahun-tahun. Inilah yang dilakukan KONI Jatim dengan menerapkan sport science dalam membina atletnya,” tuturnya. (Wah)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *