BKIPM Surabaya I Sosialisasikan Memilih Produk Perikanan yang Baik dan Uji Formalin Gratis

oleh

Surabaya, kilasjatim.com: Dalam rangka Bulan Bakti KIPM 2018, Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Surabaya 1 melakukan kegiatan BKIPM Goes To Market, dimana acaranya meliputi Pengujian Formalin gratis, Monitoring Kesegaran Ikan dan Coaching Clinic memilih ikan segar yang baik di Pasar Baru Kalanganyar Sidoarjo, Jum’at (13/4).

Retno Wilis selaku ketua Tim Monitoring Kesegaran Ikan mengatakan sosialisasi hari ini mengambil tempat di 2 lokasi yaitu Pasar Tradisional Pasar Baru Kalanganyar dan Pasar Modern Giant Waru.

“Di Pasar Baru Kalanganyar Sedati ini ikan sudah teruji mutu dan kesegarannya mengingat lokasinya yang dekat dengan lokasi TPI Sedati Sidoarjo dan disamping itu kita juga memperkenalkan bagaimana memilih ikan yang baik dan bermutu,” katanya.

Sosialisasi ini mengundang minat pembeli dan juga pedagang untuk mendengarkan penjelasan dari petugas BKIPM Surabaya I. Mereka diajarkan memilih ikan segar antara lain dilihat dari warna yang kulit terang dan cerah, daging ikan bila ditekan terasa keran dan tidak berbau busuk. Selain ikan, pengunjung juga dijelaskan memilih udang, kerang, cumi dan kepiting segar.
Retno menjelaskan selain sosialisasi ini, BKIPM Surabaya 1 juga akan mengadakan kegiatan rutin yaitu monitoring kesegaran ikan residu dan bahan berbahaya.

Cukup lima menit saja waktu yg dibutuhkan oleh Tim #BKIPMGoesToMarket utk dapat mengetahui apakah ikan yg diujikan mengandung formalin atau tidak. Para pedagang dan pembeli ikan di Pasar Baru Kalanganyar sangat antusias mengujikan ikannya, mumpung gratis katanya.

Tidak kalah antusiasnya, pengunjung Giant Waru juga dengan semangat menyimak penjelasan dari Tim Monitoring Kesegaran Ikan.

Balai Karantina Ikan dan Pengawasan Mutu (BKIPM) Surabaya 1 menyatakan tak menemukan bahan kimia atau zat berbahaya lain terkandung dalam produk laut yang dijual di Pasar Tradisional Pasar Baru Kalanganyar dan Giant Waru, Jum’at (13/4).

Hasil itu didapat usai dilakukannya pengujian terhadap dagangan pasar modern tersebut.

Sebagai informasi, BKIPM Surabaya I sesuai Inpres 01 memang bertugas untuk memantau terkait mutu dan keamanan hasil perikanan. Salah satunya yaitu melakukan pemeriksaan ke pasar tradisional. “Kita harapkan semua peduli terhadap mutu ikan ini, jangan sampai mengandung bahan berbahaya,” tandasnya. Kj5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *