Bisnis Berkelanjutan dengan Teknologi Point-of-Sale

oleh

Jakarta, kilasjatim.com: Mempertahankan bisnis kini menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku usaha, terutama bagi pegiat usaha kecil dan menengah (UKM). Menurut data dari Bloomberg, masa krusial pebisnis adalah saat 18 bulan pertama sejak bisnis dibangun.

Dijelaskan bahwa 8 dari 10 pebisnis cenderung gagal dalam menjalankan bisnisnya dan gulung tikar pada periode ini. Tentunya, terdapat solusi tepat untuk mengurangi resiko tidak berlanjutnya bisnis yang telah dibangun, salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi.

Kini, beragam teknologi telah hadir untuk membantu pegiat UKM dalam menjalankan operasi bisnisnya. Salah satu teknologi terkini yang dapat membantu Anda dalam hal efisiensi bisnis adalah point of sales (POS) atau yang biasa disebut dengan aplikasi kasir. Aplikasi kasir belakangan sedang menjadi tren dan digunakan oleh banyak pelaku usaha untuk memudahkan transaksi agar lebih efisien. Bedanya dengan mesin kasir konvensional adalah aplikasi kasir modern berbasis komputasi, sehingga dapat terhubung secara online di manapun dan memberikan manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan mesin kasir konvensional yang serba terbatas.
Dengan memanfaatkan aplikasi kasir, pegiat UKM dapat mengganti cash register manual dengan sebuah sistem pencatatan penjualan yang lebih efektif. Aplikasi kasir yang dapat membantu bisnis adalah yang memiliki kemampuan untuk memberikan beragam fitur bagi operasi bisnis yang berbeda-beda. Misalnya saja untuk melakukan penghitungan stok bahan baku otomatis untuk menentukan harga jual, mengatur ketersediaan meja untuk pelanggan ketika jam sibuk, menerima berbagai macam metode pembayaran seperti mobile payment, bahkan mengatur program loyalty untuk pelanggan setia. Untuk berbagai lini bisnis dari ritel, penyedia jasa layanan dan juga kuliner, bisa menggunakan aplikasi kasir modern dengan mudah.

9Go carwash, merupakan salah satu bisnis di Surabaya yang berkecimpung di dunia bisnis sejak tahun 2014. Di dalam bisnis ini, pemilik dari bisnis 9Go Carwash, Ali Gunawan mengusung konsep all in one dalam satu bisnis dengan menggabungkan jasa cuci mobil, barbershop, dan coffee shop. “Konsep dari 9Go lifestyle car wash tercetus karena saya ingin customer menikmati pengalaman yang berbeda ketika mencuci mobil, kini mereka bisa ngopi atau potong rambut sementara mobilnya sedang dicuci,” jelas Ali.

Dijelaskan lebih lanjut, 9Go Carwash menggunakan aplikasi kasir dari Moka, startup penyedia layanan POS yang kini telah dipercaya lebih dari 12.000 unit usaha di Indonesia. Dengan aplikasi ini, tidak hanya kemudahan memantau bisnis di mana saja, keuntungan yang didapatkan juga meliputi mudahnya menganalisa performa penjualan karena data secara otomatis tersinkronisasi sehingga cash flow lebih sehat. Dengan menggunakan Moka, Ali mengaku lebih mudah dalam mengatur operasi bisnis dengan tiga layanan yang berbeda.
Ali mengaku dalam 3 tahun, usaha 9Go Carwash sudah berhasil balik modal, dan dengan kepercayaan dalam mengandalkan pelayanan berbasis teknologi, 9Go Carwash akan ekspansi ke 12 kota lainnya yang tersebar di Indonesia. Saat ini, cabang ke-2 9Go Carwash sedang dibangun di Balikpapan.
Selain memanfaatkan teknologi, tips untuk mengembangkan bisnis dari Ali adalah untuk terus meningkatkan kualitas layanan yang terbaik dengan konsep yang unik bagi para pelanggannya. “Buat saya kedekatan dengan customer itu sangat penting, karena dari experience yang baik, mereka akan bercerita kepada customer yang lain,” tambahnya. Kj3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *