BI Salurkan 20 Hewan Kurban Berkontribusi Kembangkan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat

oleh

Difi A. Johansyah, Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur bersama jajaran direksi Bank Indonesia lainnya dalam perayaan Idul Adha 1439 H di Surabaya Rabu (22/8/2018)

 

SURABAYA,kilasjatim.com: – Bank Indonesia (BI) menyalurkan 29 ekor hewan kurban terdiri dari 7 ekor sapi dan 13 ekor kambing dalam
merayakan hari raya Idul Adha 1439 H, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Timur Rabu (22/8/2018).

Sebagaimana komitmen BI dalam pengembangan ekonomi, menjaga kestabilan harga, serta pemberdayaan masyarakat yang diwujudkan melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada masyarakat sekitar.

“Yang istimewa dari hewan kurban di BI Jatim ini adalah mereka diambil dari klaster binaan Bank Indonesia di Tuban yang menggunakan sistem anti-rugi,” tutur Difi A. Johansyah, Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur

Sebagaimana diketahui even pertama kalinya, Bank Indonesia merayakan Idul Adha secara serentak dan disaksikan oleh Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia melalui video conference di Kantor Pusat maupun di 46 Kantor Perwakilan Bank Indonesia di seluruh wilayah tanah air.

Sistem anti-rugi ini adalah sistem kemitraan antara koperasi dan peternak sapi dimana sejak awal bakalan sapi yang dipelihara oleh peternak telah disepakati terlebih dahulu harga jualnya dengan koperasi.

“Jadi, peternak tidak akan dirugikan karena mereka sudah mengetahui harga jual sapinya,” lanjut Difi.

Pada kegiatan penyembelihan
sebanyak 20 ekor hewan kurban 12 (dua belas) diantaranya yang terdiri atas 5 ekor sapi dan 7 ekor kambing dilakukan prosesi penyembelihannya di gedung KPw BI Provinsi Jawa Timur.

Lebih dari 800 kantong daging kurban, disalurkan oleh KPw Provinsi Jatim kepada masyarakat di sekitar kantor dan rumah dinas Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur serta sejumlah komunitas di Jawa Timur.

Masih dalam rangkaian Idul Adha tahun ini, KPw BI Provinsi Jawa Timur juga memberikan bantuan PSBI kepada sejumlah rumah ibadah dan kelompok masyarakat di Surabaya dan sekitarnya.

“Bantuan yang kami berikan sesuai dengan kebutuhan mereka, seperti perbaikan sarana prasarana, sound system, renovasi dan juga karpet,” tutur Difi.

Melalui perayaan Idul Adha ini, Bank Indonesia berharap dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat di daerah.

“Sudah menjadi komitmen kami untuk selalu mendorong pengembangan ekonomi masyarakat Jawa Timur,” papar Difi. (kj2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *