Bersama Menuju Revolusi Industri 4.0

oleh

Malang, kilasjatim.com: Pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia kian pesat tidak terbendung. Untuk itu PT XL Axiata TBK (XL Axiata) melalui program XL Future Leaders menggelar acara “Youth Town Hall 2019” Menuju Revolusi Industri 4.0, ajang pengenalan ekonomi digital dan peluang karir di masa depan bagi anak muda Indonesia, kegiatan ini diikuti mahasiswa se Malang Raya berlangsung di Universitas Brawijaya, Malang, Senin (1/4).

Menurut Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih, kegiatan ini sengaja digelar untuk mengenalkan perkembangan ekonomi digital di Indonesia, serta peluang apa saja yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Khususnya mahasiswa yang sebentar lagi memasuki dunia kerja.

“Sesuai program XL Future Leaders, kami mendorong mahasiswa Malang untuk berkarya memajukan industri digital Indonesia,” katanya.

Perkembangan ekonomi digital mengalami kenaikan yang signifikan. Awal Desember 2018 lalu, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa kontribusi ekonomi digital pada PDB (Pendapatan Domestik Bruto) naik cukup signifikan, yaitu sekitar 8,5 persen. Semua ini karena pola hidup masyarakat yang tidak lepas dari smart phone dan digitalisasi industri terutama dibidang ekonomi.

Youth Town Hall sendiri bertujuan meningkatkan potensi pemuda Indonesia yang ungul di era Revolusi Industri 4.0. Dengan begitu mahasiswa siap menghadapi tantangan di era digital, baik untuk berkarir sebagai tenaga profesional maupun pelaku usaha.

Dalam kegiatan yang diikuti 300 mahasiswa, juga menghadirkan Head of IoT Innovation XL Axiata, Boy Wicaksono, membahas Revolusi industri 4.0. Manfaat Internet of Thing dengan tema “IoT as Now Solution to Make Life Easier”, serta pengenalan laboratorium IoT milik XL Axiata “XCamp”, laboratorium IoT pertama di Indonesia, dan program memfasilitasi anak muda dalam mengembangkan IoT.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, untuk membuka wawasan dan bagaimana cara bekerja tim yang baik ditengah era teknologi. Sebagian besar mahasiswa yang sudah lulus dan pernah ikut program kami, 80 persen memiliki karir yang baik dibidang kerjanya dan 20 persen berhasil mengembangkan usaha sendiri,” terangnya.

Salah satu program yang berhasil dikembangkan dan dirasakan manfaatnya adalah berdirinya museum tsunami di Aceh yang seluruhnya dikerjakan oleh peserta XL Future Leaders .

Pembicara lain M. Ilham Akbar, yang sedang merintis bisnis IoT sekaligus CTO Pictafish, salah satu perusahaan penyedia solusi IoT di Indonesia.

Antusias mahasiswa yang tinggi dan terpilihnya 39 peserta dari 150 kuota yang disediakan, setelah melalui penyaringan ketat dari 16.600 pendaftar, menjadikan Malang sebagai kota kedua penyelenggaraan Youth Town Hall, sebelumnya kegiatan serupa di gelar di Banda Aceh. Selanjutnya akan berlangsung di Surabaya dan Makasar, Sulawesi Selatan.

Adapun XL Future Leaders, program pengembangan kepemimpinan yang kepedulian lingkungan sekitar. Berlangsung selama dua tahun sejak tahun pertama perkuliahan. Seleksi calon peserta dilakukan secara on line via website join.xlfutureleaders.com sejak 1 Maret- 30 Juni 2019. Bagi peserta yang lolos berhak menjadi peserta XLFL angkatan ke-8, yang diumumkan pada Oktober 2019. Kj5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *