Bantu Korban Gempa Lombok, PP Jatim Kirim Tim Trauma Healing

oleh

Surabaya, kilasjatim.com: Pemuda Pancasila (PP) Jawa Timur (Jatim) mengirim Tim “Trauma Healing” untuk membantu pemulihan psikologis para korban gempa bumi di wilayah Lombok yang terjadi Minggu (5/8/2018) lalu.

Kader yang mempunyai kapasitas untuk melakukan trauma healing yang diberangkatkan, yaitu Ahmad Faqih Rochin, M. Ismail, dan M. Husein Mewar. Mereka ditempatkan di Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung,
Lombok Utara.

“Trauma healing ini penting untuk mengurangi bahkan menghilangkan gangguan psikologis yang sedang dialami para korban karena trauma
akibat gempa. Warga lain saja yang melihat video atau foto gempa terasa sangat ngeri, apalagi mereka yang menjadi korban dan mengalami
langsung. Maka tim kami terjun membantu memulihkan trauma tersebut,” ujar Ahmad Faqih, Kamis (9/8/2018).

Menurutnya, trauma bisa membekas lama pada korban, sehingga akan mengganggu aktivitas keseharian mereka. Sehingga trauma itu pun perlu disembuhkan. “Jadi bukan hanya luka fisik korban yang kasat mata yang perlu disembuhkan, tapi suasana psikologisnya juga perlu dijaga,” ujarnya.

Dengan “trauma healing”, kader PP berupaya memulihkan psikologis korban sehingga tidak mengalami post traumatic stress disorder (PTSD), yaitu suasana psikologis yang tertekan berkelanjutan meski bencana telah berlalu.

“Sejumlah metode trauma healing kita terapkan. Dengan trauma healing ini, kita berharap bisa membantu korban untuk menghilangkan beban di
pikiran, membuat mereka kembali tersenyum, menjadi pribadi yang lebih ikhlas, dan kembali bersemangat melanjutkan hidup ke depan,” jelasnya.

Ketua MPW PP Jawa Timur, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, menambahkan, PP Jatim sangat berduka dengan terjadinya bencana gempa di Lombok dan sekitarnya. PP berharap semua pihak semakin kompak bergotong royong melakukan rekonstruksi pasca-gempa untuk membantu warga mendapatkan kembali kehidupan awalnya.

“PP Jatim sendiri terus menggalang solidaritas. Para kader mengumpulkan bantuan, bergotong royong, yang nantinya akan kami salurkan kepada para korban gempa. Doa dan hati kita bersama warga Lombok,” jelasnya. (Wah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *