Aplikasi SIBanTek untuk Monitoring Tiap Tugas yang Diberikan

oleh
Kepala Dinas PRKP dan Cipta Karya Jatim, Moh Rudy Ermawan Yulianto.

KILASJATIM.COM, Surabaya –  Untuk memudahkan mendapatkan informasi progres proses pembangunan gedung negara bagi OPD lain, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur meluncurkan aplikasi SIBanTek (Sistem Informasi Bantuan Teknis).

Kepala Dinas PRKP dan Cipta Karya Jatim, Moh Rudy Ermawan Yulianto ditemui di kantornya, Selasa 8 Oktober 2019 mengatakan, SiBanTek merupakan instrumen untuk mempermudah pengelolaan bantuan teknis, perencanaan kegiatan, pembagian sumber daya ahli dalam pelaksanaan, pengawasan, memonitoring aktualisasi penugasan agar dilaksanakan sesuai ketentuan dan tepat waktu sesuai ketentuan.

“Melalui SIBanTek bisa melakukan monitoring agar tiap tugas yang diberikan dilaksanakan sesuai yang direncanakan,”ujar Rudi

Sebagai informasi, inovasi SIBanTek karya dari Kepala Dinas PRKP dan Cipta Karya untuk proper di Diklat PIM II. Dia menyebut, penciptaan SIBantek terinspirasi dari CETTAR yakni Cepat, Efektif dan Efisien, Tanggap, Transparan, Akuntabel, dan Responsif.

BACA JUGA: Dinas Bina Marga DKI Jakarta Perbaiki Jalur Bus Transjakarta dengan Beton Cepat Kering

“Dulu pelaporan masih konvensional sehingga progres pekerjaan yang dibutuhkan PA, KPA, dan PPK membutuhkan waktu cukup lama dan ada kecenderungan progres dimanipulasi oleh kontraktor. Itu yang membuat kami menciptakan inovasi berbasis website dan Android. Sehingga dengan mudah informasi itu didapatkan oleh KPA dan PPK yang meminta bantuan teknis kepada dinas kami,” paparnya.

Aplikasi SIBanTek dirancang bekerjasama dengan Google Maps. Dengan sistem itu, kita bisa melihat lokasi dari pekerjaan OPD yang meminta bantuan. Jadi lokasi dinas dan pekerjaannya sudah kami ketahui.

“Untuk mendapatkan informasi, kita tinggal klik maskot SIBanTek otomatis kita akan mendapatkan informasi dari kegiatan kita,” kata dia.

Dia meyampaikan, aplikasi berjalan di atas jaringan internet web based and mobile technology approach dilengkapi dengan dengan spatial database menggunakan API Google Map.

BACA JUGA: Gandeng 4 Developer, Lantamal V Gelar Sosialisasi Perumahan Pribadi Melalui Dinas TNI AL

“SIBanTek diharapkan dapat meningkatkan kecepatan dan ketepatan pengelolaan kegiatan bantuan teknis dimulai dari permohonan bantuan, perencanaan, penetapan PTK dan tenaga teknis arsitektur, mechanical engineering, struktur, RAB dan RKS, pelaksanaan site meeting, saran serta masukan selama pelaksaan dan pengawasan berkala selama kegiatan pembangunan infrastruktur berlangsung,” ujarnya.

Secara regulasi, lanjut Rudy, memang yang dibantu adalah APBD Provinsi dan APBN, tapi tidak menutup kemungkinan APBD kabupaten kota yang meminta bantuan teknis juga siap dibantu.

Misalnya, Kota Batu, Kabupaten Blitar, dan lainnya. Untuk diketahui, inovasi aplikasi SIBanTek ini sudah disosialisasikan melalui youtube, instagram, banner text dan media masa. (infokom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *