Musim Hujan, Waspadai Masalah Kulit yang Bisa Gangguan Penampilan Anda

oleh -786 Dilihat

Surabaya,  kilasjatim.com: Musim hujan masih belum berlalu. Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, puncak musim hujan masih akan berlangsung dalam intensitas tinggi hingga Maret mendatang. Di musim hujan ini, ada beberapa hal terkait kulit yang harus diwaspadai karena bisa mengganggu penampilan dan kecantikan.

”Di musim hujan seperti ini, suhu udara turun. Cuaca dingin berpotensi membuat kulit menjadi kering. Nah, ini harus diantisipasi karena kulit kering punya beberapa konsekuensi. Dari sisi medis, kulit yang terlalu kering bisa menimbulkan gatal-gatal dan iritasi, bahkan infeksi. Dari sisi estetis, tentu itu mengganggu penampilan,” kata dr Mufti Anam, Dipl.AAAM, pakar kulit dan kecantikan dari Maxine Aesthetic Clinic, Surabaya.

Anam mencatat sejumlah kondisi yang patut diwaspadai saat musim hujan. Di antaranya adalah potensi kulit menjadi kering dan kusam yang terjadi karena cuaca yang lebih dingin dari biasanya.

”Untuk mengatasi ini, caranya cukup simpel. Pilih moisturizer yang punya kandungan air lebih banyak. Intinya kulit harus lebih banyak dihidrasi. Bisa juga diolesi olive oil menjelang tidur, atau bahkan kurangi penggunaan pengatur suhu ruang atau AC. Langkah-langkah itu hanya sebagian cara untuk menjaga kelembapan kulit saat cuaca sedang dingin,” papar Anam yang meraih sertifikasi keahlian estetika medis dari American Academy of Aesthetic Medicine yang berbasis di California.

Cuaca dingin di musim hujan juga berpotensi membuat kulit tampak pucat dibanding biasanya. ”Kalau soal itu kita bisa gunakan bahan yang membuat penampilan tampak lebih segar, misalnya peach blush atau lip and cheek tint,” kata Anam.

Anam menambahkan, musim hujan dengan cuaca dingin juga berpotensi membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Solusinya pun mudah, bisa dengan menggunakan lip balm atau olesi bibir dengan madu untuk menjaga kelembapannya.

Baca Juga :  "Menjadi Indonesia"Karya Kolaborasi Musisi Lintas Genre dari IM3 Rayakan Semangat Kemerdekaan

Selain itu, kondisi kesehatan yang rentan menurun saat musim hujan bisa berdampak ke kulit. Misalnya jika kita terserang pilek yang membuat mata berair dan bagian bawah mata tampak lebih gelap.

”Dark circles semacam itu wajar ada saat kita pilek. Solusinya, bisa gunakan eye cream yang modelnya roll on untuk membuat sirkulasi darah pada area sekitar mata tetap lancar. Setelah pakai foundation, gunakan concealer agar kantung mata bisa disamarkan,” kata Anam.

Anam menambahkan, saat flu berat, kulit hidung bahkan bisa terlihat sangat merah. Jika itu yang terjadi, agar tidak mengganggu kecantikan, cukup gunakan color correcting concealer untuk menyamarkan area yang merah.

Dokter berkacamata itu juga mengingatkan, ada baiknya tidak memilih pembersih yang kandungan alkoholnya tinggi karena bisa membuat kulit menjadi jauh lebih kering sehingga rentan terinfeksi. Kj1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.